PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL- SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN

Rohman,, Muh Abdul (2008) PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL- SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030076.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang : 1) Pengaruh pemahaman konsep terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika, 2) Pengaruh kemampuan awal terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika, 3) Kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan awal terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas I SMP Negeri 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2007 / 2008 sebanyak 240 siswa. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data kemampuan pemahaman konsep dengan menggunakan tes obyektif, data kemampuan awal dengan menggunakan teknik dokumentasi, dan data kemampuan menyelesaikan soal matematika dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pada taraf signifikansi 5% : 1) adanya pengaruh pemahaman konsep terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika, ditunjukkan oleh harga 4 1 5,853 > = tabel F 3,316. Hal ini berarti bahwa siswa dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi mempunyai kemampuan menyelesaikan soal lebih baik di banding dengan siswa dengan kemampuan pemahaman konsep sedang maupun rendah. Begitu juga siswa dengan kemampuan pemahaman konsep sedang mempuyai kemampuan menyelesaikan soal yang lebih baik dibanding dengan siswa yang dengan kemampuan rendah. 2) adanya pengaruh antara kemampuan awal siswa terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika, ditunjukkan oleh harga = hitung F 6,374 > = tabel F 3,316. Hal ini berarti bahwa prestasi belajar siswa dengan kemampuan awal tinggi mempunyai kemampuan menyelesaikan soal cenderung lebih baik dibanding siswa yang memiliki kemampuan awal sedang maupun rendah. Begitu juga prestasi belajar siswa dengan kemampuan awal sedang mempunyai kemampuan menyelesaikan soal lebih baik dibanding dengan siswa dengan kemampuan awal rendah. 3) tidak terdapat interaksi antara pemahaman konsep dan kemampuan awal terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika, ditunjukkan oleh harga = hitung F 0,445 < = tabel F 3,316.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman_konsep, kemampuan_awal, prestasi_belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2008 04:53
Last Modified: 31 Jan 2011 07:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item