Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Go To Your Post (PTK di Kelas VII Semester Genap SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)

Dyah Susilawati, Dyah Susilawati (2012) Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Go To Your Post (PTK di Kelas VII Semester Genap SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (399kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (223kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa kelas VIID SMP Al-Islam 1 Surakarta dalam pembelajaran matematika pada materi himpunan melalui strategi pembelajaran Go To Your Post. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIID SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 28 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah aktivitas dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan himpunan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya indikator aktivitas belajar matematika meliputi: 1) Mengemukakan pendapat sebelum tindakan 14,29% meningkat menjadi 35,71% pada akhir tindakan, 2) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 21.41% meningkat menjadi 42,85% pada akhir tindakan, 3) Mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 28,57% meningkat menjadi 60,71% pada akhir tindakan. Hasil tes yang dilakukan sebelum dan di akhir tindakan menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari hasil belajar siswa secara tuntas mendapatkan nilai ≥ 65, sebelum tindakan sebesar 39,28% meningkat menjadi 64,28% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran Go To Your Post dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, prestasi belajar, Strategi Pembelajaran Go ToYour Post
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 Jul 2012 06:14
Last Modified: 16 Jul 2012 08:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19190

Actions (login required)

View Item View Item