Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Based Learning dan Inquiry Learning Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa ( Penelitian Eksperimen Pada Kelas VIII SMP N 2 Baturetno, Wonogiri )

Yuliyanti, Fajar (2012) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Based Learning dan Inquiry Learning Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa ( Penelitian Eksperimen Pada Kelas VIII SMP N 2 Baturetno, Wonogiri ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (641kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (162kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa (3) efek interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Baturetno yang berjumlah 6 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 63 siswa, yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen I dan 31 siswa sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan Program SPSS untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa (1) terdapat pengaruh penggunaan metode Problem Based Learning dan Inquiry Learning terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan FA = 6,164 (2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan FB=5,452 (3) tidak terdapat efek interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan FAB = 2,232. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran matematika dengan metode problem based learning dan metode inquiry learning ditinjau dari motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 14 Jul 2012 06:37
Last Modified: 14 Jul 2012 08:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19183

Actions (login required)

View Item View Item