Penerapan Model Pembelajaran Advokasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD Negeri Geneng 1 Miri Sragen Tahun Pelajaran 2010/ 2011

Ariyanto, Eko (2012) Penerapan Model Pembelajaran Advokasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD Negeri Geneng 1 Miri Sragen Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran advokasi dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Geneng 1 Miri Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), yang ditandai dengan adanya perbaikan terus menerus sehingga tercapai sasaran penelitian. Perbaikan tersebut dilakukan pada setiap siklus yang telah dirancang sebelumnya. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Geneng 1 Miri Sragen, yang terdiri dari 33 siswa yang diteliti hasil belajarnya melalui metode pembelajaran advokasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan analisis interaktif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terdapat kenaikan prosentase hasil belajar siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan belajar Pra Siklus: 47,1 % ( 10 siswa), Siklus I (1): 47,1% dari naik menjadi 51,6% (10 siswa menjadi18 siswa), Siklus I (2) :dari 51,6% naik menjadi 63,6% (18 siswa menjadi 21 siswa), Siklus II: dari 63,6% naik menjadi 93,9% (21 siswa menjadi 31 siswa).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-16
Uncontrolled Keywords: pembelajaran advokasi, class action research, indikator pencapaian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Jul 2012 05:28
Last Modified: 16 Jul 2012 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19178

Actions (login required)

View Item View Item