Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Fonologi Cerpen Berdasarkan Peristiwa Yang Dialami Siswa Kelas IXA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012

Wijayanti, Tri Maulida (2012) Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Fonologi Cerpen Berdasarkan Peristiwa Yang Dialami Siswa Kelas IXA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (946kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf

Download (400kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan wujud kesalahan berbahasa bidang fonologi pada cerpen berdasarkan peristiwa yang dialami siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta dan mengidentifikasi besar persentase kesalahan berbahasa bidang fonologi pada cerpen berdasarkan peristiwa yang dialami siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Data dalam penelitian ini yaitu semua kalimat dan paragraf yang mengandung kesalahan penggunaan huruf, kesalahan penulisan partikel, klitik, lambang bilangan, kesalahan penyukuan, dan kesalahan penulisan penggabungan kata pada cerpen berdasarkan peristiwa yang dialami siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa cerpen berdasarkan peristiwa yang dialami siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, simak, dan catat. Teknik observasi dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui jumlah cerpen siswa sehingga dapat digunakan untuk sampel, kemudian mengambil data dari cerpen yang ditulis siswa berdasarkan peristiwa yang dialami, selanjutnya dilakukan dengan menyimak kesalahan berbahasa bidang fonologi pada cerpen siswa, kemudian mencatat, dan mengelompokkan data sesuai analisis kesalahan berbahasa bidang fonologi. Teknik analisis yang digunakan adalah metode padan intralingual. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan menjadi beberapa hal (1) wujud kesalahan bidang fonologi pada cerpen berdasarkan peristiwa yang dialami siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yaitu, kesalahan penggunaan huruf (penggunaan huruf kapital dan penggunaan huruf miring), penulisan partikel, klitik, lambang bilangan, penyukuan, dan penggabungan kata (2) menghasilkan besar persentase kesalahan berbahasa pada bidang fonologi, yaitu kesalahan penggunaan huruf sebesar 84,08 % (kesalahan penggunaan huruf kapital sebesar 79,54 % dan kesalahan penggunaan huruf miring sebesar 4,54 %), kesalahan penulisan partikel sebesar 7,14 %, klitik sebesar 8,11 %, lambang bilangan sebesar 0,32 %, kesalahan penyukuan sebesar 0,64 %, dan kesalahan penggabungan kata sebesar 2,92 %. Tingkat kesalahan tertinggi terdapat pada kesalahan penggunaan huruf 84,08 % dan kesalahan terendah terdapat pada kesalahan lambang bilangan yaitu sebesar 0,32 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesalahan, huruf, cerpen, dan fonologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Jul 2012 09:24
Last Modified: 13 Jul 2012 09:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19175

Actions (login required)

View Item View Item