Penerapan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012

Siswanti, Siswanti (2012) Penerapan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan pembelajaran akuntansi pada siswa SMA N Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA N Karangpandan yang berjumlah 33 siswa dan subyek pemberi tindakan adalah guru akuntansi kelas XI IPS 2 SMA N Karangpandan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal penyesuaian melalui metode Student Team Achievement Divisions (STAD). Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator keaktifan, yaitu: 1) keaktifan bertanya dan mengemukakan pendapat sebelum melakukann tindakan sebesar 9,09%, dan diakhir tindakan mencapai 18,18%, 2) keaktifan terlibat dalam diskusi kelompok sebelum dilakukan tindakan 6,06% dan diakhir tindakan mencapai sebesar 18,18%, 3) keaktifan menjawab pertanyaan dari guru yang diberikan oleh guru sebelum dilakukan tindakan sebesar 9,09% dan diakhir tindakan mencapai 18,18%, 4) keaktifan mengerjakan soal didepan kelas sebelum dilakukan tindakan kelas 9,09% dan diakhir tindakan mencapai 21,21%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal penyesuaian dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Team Achievement Division (STAD), keaktifan siswa, jurnal penyesuaian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 12 Jul 2012 05:05
Last Modified: 12 Jul 2012 09:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19164

Actions (login required)

View Item View Item