Perbandingan Strategi Pembelajaran What? So what? Now what? dengan Learning Starts With a Question pada Pokok Materi Pengelolaan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2011/ 2012

Setiawan, Aditya Beny (2012) Perbandingan Strategi Pembelajaran What? So what? Now what? dengan Learning Starts With a Question pada Pokok Materi Pengelolaan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (781kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (222kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (473kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar menggunakan strategi What? So What? Now What? dengan strategi Learning Starts With A Question menggunakan media audio visual pada pokok materi pengelolaan lingkungan siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2011/ 2012 dilihat dari aspek kognitif dan afektif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang membandingkan antara strategi pembelajaran What? So What? Now What? dan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang diajar menggunakan strategi pembelajaran What? So What? Now What? (74.86) dan rata- rata kelas diajar yang menggunakan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question (69.00). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua strategi yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai probabilitas 0.000 < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran What? So What? Now What? dan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question pada pokok materi Pengelolaan Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 3 Sawit Tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi What? So What? Now What?, strategi Learning Starts With a Question, dan hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 09 Jul 2012 06:47
Last Modified: 09 Jul 2012 08:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19151

Actions (login required)

View Item View Item