Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

Putri, Dyashinta Retpusa (2012) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (359kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (308kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, proses pendidikan dapat terjadi dalam tiga lingkungan yang dikenal dengan sebutan trilogi pendidikan, yaitu pendidikan di dalam keluarga (pendidikan informal), sekolah (pendidikan fomal), dan masyarakat (pendidikan non formal). Ketiga pusat pendidikan tersebut harus bekerjasama dan secara keseluruhan bertanggung jawab terhadap proses pendidikan. Pendidikan keluarga merupakan awal dari pendidikan anak selanjutnya. Pendidikan di dalam keluarga dapat terwujud dari pola asuh orang tua kepada anak-anaknya. Pola asuh orang tua merupakan faktor penting yang mempengaruhi prestasi siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VII SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2011/2012, dan untuk mengetahui pola asuh mana yang paling tepat diterapkan oleh orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar IPA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua (pola asuh otoriter = 1 X , pola asuh permisif = 2 X , dan pola asuh demokratis = 3 X ) sebagai variabel bebas, dan prestasi belajar IPA siswa (Y) sebagai variabel terikat. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Proportional Random Sampling. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 23,630 > 2,695 dan nilai signifikansi < 0,05, dengan demikian ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VII SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2011/2012, dan kontribusi pola asuh orang tua terhadap prestasi siswa dalam belajar sebesar 41,2%. Hal ini berarti bahwa meningkat atau menurunnya prestasi siswa dalam belajar ditentukan oleh pola asuh orang tua sebesar 41,2% sedangkan sisanya 58,8 % ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dari hasil perhitungan sumbangan relatif (SR), dan sumbangan efektif (SE), diketahui bahwa dari ketiga pola asuh orang tua yang diteliti, pola asuh orang tua demokratis yang memberikan sumbangan terbanyak, kemudian diikuti oleh pola asuh permisif dan yang terakhir yaitu pola asuh otoriter.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh dan Prestasi Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Jul 2012 07:11
Last Modified: 07 Jul 2012 07:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19148

Actions (login required)

View Item View Item