Studi Perbandingan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dengan Strategi Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Jambon 1 Pulokulon Grobogan Tahun 2011/2012

Marlia, Khafidhatun (2012) Studi Perbandingan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dengan Strategi Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Jambon 1 Pulokulon Grobogan Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (673kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi.pdf

Download (218kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Perbedaan strategi pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan strategi pembelajaran Role Playing pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa di kelas 5 di SD Negeri Jambon 1 Tahun Ajaran 2011/ 2012. 2. Lebih baik mana antara strategi pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan strategi pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa di kelas 5 SD Negeri Jambon 1 Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD Negeri Jambon I, berjumlah 41 siswa yang terdiri dari kelas 5A menggunakan strategi pembelajaran Role Playing dan kelas 5B menggunakan strategi pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Teknis analisis data digunakan uji-t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Dari analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa 1. Ada perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang belajar menggunakan Strategi pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang belajar menggunakan Strategi pembelajaran Role Playing, dengan uji t diperoleh thitung= 2,863. 2. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 5 dengan menggunakan Strategi pembelajaran Role Playing lebih baik dibandingkan dengan menggunakan Strategi Numbered Heads Together (NHT). Hal ini dapat dilihat dengan nilai rata – rata 75,00 untuk kelas 5A dan 69,50 untuk kelas 5B.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran numbered heads together (nht), strategi pembelajaran role playing, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 Jul 2012 06:43
Last Modified: 05 Jul 2012 08:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19139

Actions (login required)

View Item View Item