Penerapan Metode Lightening The Learning Climate Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Kelas IV SD Negeri 4 Mangin Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012

Alma’unah , Visty Trisnia (2012) Penerapan Metode Lightening The Learning Climate Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Kelas IV SD Negeri 4 Mangin Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (489kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Pkn melalui metode Lightening the learning climate. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Mangin yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan test. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yaitu: metode lightening the learning climate dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN4 Mangin Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Dibuktikan dengan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I 75 % yang tuntas belajar sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 90 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode lightening the learning climate dapat meningkatkan hasil belajar PKn

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar Pkn, metode lightening the learning climate
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 Jul 2012 06:21
Last Modified: 05 Jul 2012 08:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19138

Actions (login required)

View Item View Item