Huda, Afthon Ilman (2012) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Metode Demonstrasi Dengan Alat Peraga Dua Dimensi Dan Tiga Dimens Pada Kelas V SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (188kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (78kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui metode demonstrasi dengan alat peraga dua dimensi dan tiga dimensi pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Surakarta. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Surakarta tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu : observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data dan verifikasi.. Dengan penerapan metode demonstrasi dengan alat peraga dua dimensi dan tiga dimensi pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan diketahui adanya peningkatan pada motivasi belajar siswa pada akhir siklus II mencapai 78% dari kondisi awal sebesar 45%. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : 1) antusias dalam menerima pembelajaran sebelum tindakan sebesar 40%, setelah tindakan menjadi 85%. 2) kemauan mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan 40%, setelah tindakan menjadi 85%. 3) keberanian menjawab pertanyaan dari guru atau siswa sebelum tindakan 50%, setelah tindakan menjadi 67%. dan 4) kemauan mengerjakan soal latihan yang diberikan guru sebelum tindakan 50%, setelah tindakan menjadi 78%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa kelas V SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Surakarta Tahun ajaran 2011/2012 mengalami peningkatan motivasi belajar pada pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Metode Demonstrasi, Alat Peraga Dua Dimensi dan Tiga Dimensi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 05 Jul 2012 05:58 |
Last Modified: | 05 Jul 2012 08:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19137 |
Actions (login required)
View Item |