Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Teknik Induksi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kedawung 3 Tahun 2011/2012

Suryani, Ina (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Teknik Induksi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kedawung 3 Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (473kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (266kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas IV SD Negeri Kedawung 3 tahun pelajaran 2011/2012 melalui penggunaan Teknik Induksi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kedwadung 3, kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai empat buah komponen yaitu pengumpulan data,reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Matematika melalui penerapan Teknik Induksi pada siswa kelas IV SD. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I niai rata-rata siswa 65,58 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75,34 dan pada siklus III mencapai 85,17. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan Teknik Induksi dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Kedawung 3, kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, teknik induksi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 02 Jul 2012 09:37
Last Modified: 02 Jul 2012 09:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19129

Actions (login required)

View Item View Item