Hastuti, Endang Woro (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Peta Konsep Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Timpik 04 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (382kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (134kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (234kB) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi di SDN Timpik 04 yaitu rendahnya hasil belajaran IPA materi benda dan sifatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan metode peta konsep pada siswa kelas IV SD Negeri Timpik 04 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Timpik 04 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumen, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang berupa informasi dari guru, dan siswa tentang tindakan yang diterapkan. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data dari hasil observasi, dokumen, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif yang dianalisis melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi benda dan sifatnya. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang sebelumnya hanya 61,5. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 68,5 ( mengalami peningkatan sebesar 11,38% dari kegiatan awal). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 78 (mengalami peningkatan sebesar 13,86% dari kegiatan siklus I). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Model Peta Konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA, Peta Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 02 Jul 2012 09:14 |
Last Modified: | 02 Jul 2012 09:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19128 |
Actions (login required)
View Item |