Upaya Meningkatkan Kemampuan Menemukan Pokok Pikiran Sebuah Paragraf Melalui Metode Cooperative Integrated Reading Aand Composition (CIRC) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Kebonharjo Kecamatan Polanharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Nugroho, Isnani Putri (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menemukan Pokok Pikiran Sebuah Paragraf Melalui Metode Cooperative Integrated Reading Aand Composition (CIRC) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Kebonharjo Kecamatan Polanharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (290kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (602kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan menemukan pokok pikiran sebuah paragraf melalui metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Kebonharjo yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran sebuah paragraf pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 51,74% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 72,41%, pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 83,3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan metode metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran sebuah paragraf pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Kebonharjo, Kecamatan Polanharjo tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Kemampuan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 02 Jul 2012 07:01
Last Modified: 02 Jul 2012 07:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19125

Actions (login required)

View Item View Item