Penggunaan Media Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Combongan 03 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Palupi, Anisa Tri (2012) Penggunaan Media Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Combongan 03 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (265kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada bidang studi matematika dan 2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui teknik berhitung jarimatika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Combongan 03 Sukoharjo yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) pembelajaran matematika dengan penerapan teknik jarimatika dapat meningktakan kemampuan berhitung siswa, yang meliputi a) ketepatan siswa dalam melakukan perhitungan sebelum dilakukan tindakan sebesar 31,25% (5 siswa), pada siklus I sebesar 56,25% (9 siswa), dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 93,75% (15 siswa), b) kecepatan dalam melakukan perhitungan sebelum dilakukan tindakan sebesar 31,25% (5 siswa), pada siklus I sebesar 43,75% (7 siswa), dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 81,25% (13 siswa), c) kebenaran dalam proses pengerjaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 37,50% (6 siswa), pada siklus I sebesar 50% (8 siswa), dan di akhir pelaksanaan tindakan sebesar 81,25 (13 siswa), d) ketelitian dalam melakukan perhitungan sebelum dilakukan tindakan sebesar 25% (4 siswa), pada siklus I sebesar 43,75% (7 siswa), dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 87,50% (14 siswa), serta 2) pembelajaran matematika dengan penerapan teknik berhitung jarimatika dapat meningkatkan hasik belajar matematika siswa, hal ini terlihat dari banyaknya siswa mencapai standar nilai KKM yaitu ≥ 67 sebelum dilakukan tindakan adalah 31,25% (5 siswa), pada siklus I sebesar 50% (8 siswa), dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 87,50% (14 siswa). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpilkan bahwa untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung perkalian dan peningkatan kemampuan berhitung perkalian dan peningkatan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri Combongan 03 Sukoharjo dalam pembelajaran matematika melalui teknik jarimatika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung, teknik jarimatika, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 Jun 2012 05:54
Last Modified: 29 Jun 2012 11:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19122

Actions (login required)

View Item View Item