Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran College Ball Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedungringin 01 Tahun Pelajaran 2011/2012

Fauzi, Muhammad Wajid (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran College Ball Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedungringin 01 Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan penerapan metode College Ball. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) Penelitian ini dilaksanakan di SD N Kedungringin 01. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Kedungringin 01 yang berjumlah 22 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refeksi. Tenik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil belajar mata pelajaran IPS pada tes awal sebelum siklus diperoleh rata-rata 56,18 dengan ketuntasan belajar yang diperoleh 50,00%, pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata yang diperoleh 57,23 dengan ketuntasan belajar klasikal 54,54%. dan Pada siklus II juga terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 68,63 dengan ketuntasan belajar klasikal 72,72%. Pada siklus III hasil belajar juga meningkat dengan nilai rata-rata 78,18 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,36%. Dengan penerapan metode pembelajaran College Ball dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial (IPS) dengan materi perjuangan para tokoh saat dijajah belanda dan jepang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, dengan metode College Ball, kartu indek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 Jun 2012 05:19
Last Modified: 29 Jun 2012 11:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19119

Actions (login required)

View Item View Item