Implementasi Standar Proses Dalam Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pkn Kelas Tinggi Di SD Negeri Pajang 1 Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun 2011/2012

Werdiningsih, Ika (2012) Implementasi Standar Proses Dalam Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pkn Kelas Tinggi Di SD Negeri Pajang 1 Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
B_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
E_LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI.pdf

Download (99kB)

Abstract

Pada umumnya standar proses yang dilakukan di SD belum sepenuhnya terlaksana, ini dikarenakan oleh banyaknya guru yang belum paham sepenuhnya tentang standar proses, misalkan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Kebanyakan RPP yang dibuat di SD pada umumnya disusun oleh TIM, sehingga kurangnya pengembangan guru dalam proses pembelajaran cenderung menggunakan pembelajaran yang konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti implementasi standar proses dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran PKn kelas tinggi yang terlaksana di SDN Pajang 1 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pajang 1. Subyek dari penelitian ini adalah guru kelas IV dan V. Untuk pengumpulan data digunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data digunakan adalah triangulasi teknik sumber. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa implementasi standar proses dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran PKn dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam menyusun rencana pembelajaran dan dapat terealisasikan. Dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan evaluasi. Dengan adanya standar proses, maka guru harus pandai mengkombinasikan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Dengan kemampuan guru menggunakan metode pembelajaran yang inovatif sangat berpengaruh pada pencapaian evaluasi hasil belajar secara optimal pada pelajaran PKn.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi standar proses, perencanan dan pelaksanaan pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jun 2012 07:53
Last Modified: 27 Jun 2012 11:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19099

Actions (login required)

View Item View Item