Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menyimak Dongeng Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media Hand Puppet Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Ii SD Negeri Sambon 2 Kecamatan Banyudono Kabupaten BoyolaliTahun Pelajaran 2011/2012

Marantika, Ayu Ventina Zulva (2012) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menyimak Dongeng Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media Hand Puppet Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Ii SD Negeri Sambon 2 Kecamatan Banyudono Kabupaten BoyolaliTahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan ketrampilan menyimak dongeng melalui metode demonstrasi dengan media hand puppet pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 2 Sambon Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas II SD Negeri 2 Sambon yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu “Penggunaan metode demonstrasi dengan menggunakan media hand puppet dapat meningkatkan ketrampilan menyimak dongeng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 2 Sambon”. Hal ini dibuktikan dengan melihat hasil ketrampilan menyimak dongeng yang ditunjukkan dengan mengerjakan soal essay dapat meningkat dari nilai pra siklus 59,1% siswa sudah mencapai KKM (≥ 63) setelah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus I meningkat menjadi 68,18% dan pada siklus II ketuntasan ketrampilan mnyimak meningkat menjadi 86,38%. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dengan menggunakan media hand puppet dapat meningkatkan ketrampilan menyimak dongeng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 2 Sambon, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketrampilan menyimak, metode demonstrasi, media hand puppet
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jun 2012 07:31
Last Modified: 27 Jun 2012 12:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19098

Actions (login required)

View Item View Item