Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Alat Permainan Edukatif Pada Kelompok B di Kelompok Bermain Islam Dan Raudhatul Athfal Taqiyya Mangkubumen, Rt 02 / Rw 01 Ngadirejo, Kartasura, Sukoharjo Tahun Ajaran 2011 / 2012

Tutik, Tutik (2012) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Alat Permainan Edukatif Pada Kelompok B di Kelompok Bermain Islam Dan Raudhatul Athfal Taqiyya Mangkubumen, Rt 02 / Rw 01 Ngadirejo, Kartasura, Sukoharjo Tahun Ajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publiksi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui alat permainan edukatif.Penelitian dilakukan pada Kelompok B di KBI-RA Taqiyya Kartasura tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas ( PTK ) pada setiap siklusnya terdiri dari “ perencanaan (planning), pelaksanaan ( action ), pengumpulan data ( observing ), refleksi (reflecting)”.Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Metode pengumpulan data peningkatan kreativitas dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Subyek penelitian ini adalah anak dan guru KBI-RA Taqiyya Kartasura. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak melalui alat permainan edukatif. Sebelum dilakukan tindakan mencapai 44,81%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan alat permainan edukatif, kreativitas anak menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I mencapai 60,90% dan siklus II peningkatan mencapai 71,72%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah alat permainan edukatif dapat meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B di KBI-RA Taqiyya Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Alat Permainan Edukatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jun 2012 07:08
Last Modified: 27 Jun 2012 12:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19096

Actions (login required)

View Item View Item