Upaya Meningkatkan Komunikasi Anak Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Bermain Puzzle Pada anak TK Pertiwi I Manjung, Ngawen, Klaten

Maryati, Sri (2012) Upaya Meningkatkan Komunikasi Anak Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Bermain Puzzle Pada anak TK Pertiwi I Manjung, Ngawen, Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan Komunikasi Anak melalui metode pembelajaran kooperatif type TGT di TK Pertiwi I Manjung Tahun pelajaran 2011/2012. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas A yang berjumlah 20 Anak. Penelitian bersifat kolabiratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan metode pembelajaran kooperatif TGT, wawancara yang digunakan antara penliti dengan anak dan didokumentasikan dalam kegiatan bermain puzzle dengan penerpan metode pembelajaran kooperatif type TGT. Hasil penelitian ini menunuukkan bahawa sebelum dilaksanakan penelitian, prosentase komunikasi anak sebesar 40,75 %. Setelah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas diperoleh hasil yaitu, siklus I mencapai 55,75%,siklus II mencapai 70,25%, dan siklus III mencapai 83,13%. Berdasarkan data hasil PTK tersebut, maka hipotesis tindakan yang menyatakan “diduga dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif type TGT dapat meningkatkan komunikasi anak di kelas A TK Pertiwi I Manjung Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, dan Puzzle
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Jun 2012 06:30
Last Modified: 22 Jun 2012 11:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19082

Actions (login required)

View Item View Item