Penggunaan Metode Pembelajaran Sq3r (Survey, Question, Read, Recite And Review) Dengan Pemanfaatan Media Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Aprianti, Winda (2012) Penggunaan Metode Pembelajaran Sq3r (Survey, Question, Read, Recite And Review) Dengan Pemanfaatan Media Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas X6 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan menerapkan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) dengan pemanfaatan media berbasis komputer pada siswa yang berjumlah 37. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua putaran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari putaran I sampai dengan putaran II. Sumber data diperoleh dari hasil tes siswa dan observasi. Hasil belajar siswa dengan penggunaan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) dengan pemanfaatan media berbasis komputer pada putaran I siswa yang melebihi kriteria ketuntasa minimal (KKM) 21 (76%) siswa. Pada putaran II siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) meningkat menjadi 32 (86%) siswa, peningkatan hasil belajar kognitif siswa dari putaran I ke putaran II sebesar 10%. Untuk aspek afektif yang ditinjau dari keaktifan siswa saat proses pembelajaran mengalami peningkatan dari putaran I sebesar 25,62 termasuk dalam kategori cukup berminat, sedangkan pada putaran II sebesar 30,11 termasuk dalam kategori berminat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) dengan pemanfaatan media berbasis komputer dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas X6 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-20
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review), media berbasis komputer, keaktifan, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Jun 2012 08:19
Last Modified: 21 Jun 2012 11:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19079

Actions (login required)

View Item View Item