Pengelolaan Bimbingan Belajar Siswa RSBI Studi Situs SMP Negeri 1 Pacitan

Wahyuningsih, Yayuk Sri (2012) Pengelolaan Bimbingan Belajar Siswa RSBI Studi Situs SMP Negeri 1 Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammmadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2_ATRIBUT_TESIS.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
3_BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab.II)
4_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab.III)
5_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab.IV)
6_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab.V)
7_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab.VI)
8_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN_FOTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan: (1) karakterisistik bimbingan belajar siswa RSBI di SMP Negeri 1 Pacitan. (2) Karakterisistik materi bimbingan belajar siswa RSBI di SMP Negeri 1 Pacitan. (3) Karakterisistik aktifitas guru bimbingan belajar siswa RSBI di SMP Negeri 1 Pacitan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Penelitian ini dibatasi pada Pengelolaan Bimbingan Belajar Siswa RSBI Studi Situs SMP Negeri 1 Pacitan. Data utama diperoleh dari informan seperti kepala sekolah, guru dan sarana penunjang lainnya. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif (Interactive Model of Analysis). Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah derajat kepercayaan (credibility); keteralihan (transferability); ketergantungan (dependability); kepastian (confirmbility). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Karakteristik bimbingan belajar RSBI di SMP Negeri 1 Pacitan adalah bahwa bimbingan belajar dilakukan dengan cara klasikal kontinyu sesuai dengan jadwal KBM sehingga bisa menyesuaikan dengan studi yang didapat siswa dalam pelajaran di kelas pada setiap harinya, dan juga adanya guru pembimbing yang profesional, adanya bimbingan belajar akademik dan non akademik untuk menyalurkan bakat dan kemampuan siswa. (2) Materi bimbingan belajar RSBI di SMP Negeri 1 Pacitan diambilkan dari buku-buku yang relevan sesuai dengan kebutuhan siswa, materi yang diterapkan juga didapatkan dari info pembelajaran dengan materi pelajaran yang efektif dan efisien, dan juga diambilkan bank soal dari internet. (3) Aktifitas Guru bimbingan belajar RSBI di SMP Negeri 1 Pacitan dimulai dari mempersiapkan peserta didk di sesuaikan dengan kemampuan masing-masing, penggunaan tehnik layanan yang tepat agar mudah dipahami peserta didik, dan memberikan umpan balik terhadap hasil dari bimbingan belajar yang dilaksanakan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, bimbingan belajar, Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, Prestasi, Klasikal, Kelompok dan Individual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 08 Jun 2012 09:25
Last Modified: 08 Jun 2012 11:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19057

Actions (login required)

View Item View Item