Kontribusi Komitmen Guru Terhadap Adaptasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Dasar Inklusif Di Kabupaten Banyumas Tahun 2011

Listyanawati, Irma (2012) Kontribusi Komitmen Guru Terhadap Adaptasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Dasar Inklusif Di Kabupaten Banyumas Tahun 2011. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan_setelah_direvisi.pdf

Download (197kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_i_revisi__3_jan_2011.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II_revisi_3_jan_2012_revisidoc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_REVISI_3_JAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_2_Januari_revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_3_JAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA__revisi3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_KUMPUL.pdf

Download (178kB)

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi komitmen guru terhadap adaptasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus pada Sekolah Dasar Inklusif di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan studi populasi dimana seluruh guru pada enam Sekolah Dasar penyelengara pendidikan inklusif di Kabupaten Banyumas yang berjumlah 105 orang sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket, dan observasi. Data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 17.00 for windows. Hasil perhitungan uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 14,067 dan Ftabel sebesar 2,76 (db 3/101) dengan nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga terbukti bahwa komitmen afektif, komitmen berkelanjutan, komitmen normatif, secara simultan memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap adaptasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus pada Sekolah Dasar inklusi di Kabupaten Banyumas. Kontribusi komitmen terhadap adaptasi adaptasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus pada Sekolah Dasar Inklusi Kabupaten Banyumas diperoleh hasil untuk masing-masing komponen yaitu komitmen afektif nilai thitung sebesar 3,285 , komitmen afektif nilai t hitung = 3.285 dan p = 0,001 < 0,05, dan komponen komitmen berkelanjutan diperoleh nilai hitung sebesar 1,452. Jika nila-nilai tersebut dikonsultasikan pada ttabel (2,02), maka komponen komitmen afektif dan berkelanjutan lebih besar dari ttabel, sedangkan komponen komitmen normatif nilainya lebih rendah dari ttabel. Hal ini berarti ada kontribusi yang positif dan signifikan pada komitmen afektif dan komitmen berkelanjutan terhadap adaptasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus pada Sekolah Dasar inklusi di Kabupaten Banyumas, sedangkan komitmen normatif tidak memiliki kontribusi yang signifikan terhadap adaptasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus pada Sekolah Dasar Inklusi di Kabupaten Banyumas. Kontribusi yang paling dominan terhadap adaptasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus pada Sekolah Dasar Inklusi di Kabupaten Banyumas adalah komponen komitmen afektif (standar  0,320), sedangkan kontribusi yang paling rendah adalah komitmen normatif (standar  0,158).

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Komitmen, adaptasi pembelajaran, anak berkebutuhan khusus, Pendidikan Inklusif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jun 2012 07:00
Last Modified: 06 Jun 2012 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19053

Actions (login required)

View Item View Item