Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Kemampuan Awal Terhadap Pelacakan Materi Biologi Di Luar Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII Semester 1 SMP Negeri 2 Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011

Ihsanuddin, Ihsanuddin (2012) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Kemampuan Awal Terhadap Pelacakan Materi Biologi Di Luar Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII Semester 1 SMP Negeri 2 Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
a._Halaman_Muka.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
b._Bab_1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
c._Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
d._Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
e._Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab V)
f._Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
g._Daftar_Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap pelacakan materi Biologi di luar kelas; (2) pengaruh kemampuan awal terhadap pelacakan materi Biologi di luar kelas; (3) interaksi pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan kemampuan awal terhadap pelacakan materi Biologi di luar kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Baki. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling sebanyak 78 peserta didik. Teknik pengumpulan data untuk variabel kemampuan awal menggunakan tes dan pelacakan materi Biologi di luar kelas menggunakan kuesioner. Validitas butir tes diuji dengan korelasi product moment dari Pearson, dan reliabilitas tes diuji dengan rumus Kuder-Richardson. Analisis data menggunakan teknik Analisis Variansi Dua Jalan dengan prasyarat uji normalitas sebaran data menggunakan model Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan Levene’s Test, dengan taraf signifikansi penelitian sebesar 5%. Hasil perhitungan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0, menunjukkan bahwa sebaran data menurut kurva normal, sampel berasal dari populasi yang homogen. Ditunjukkan pula bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap pelacakan materi Biologi di luar kelas (P < α atau 0,000 < 0,05); (2) ada pengaruh yang signifikan kemampuan awal terhadap pelacakan materi Biologi di luar kelas (P < α atau 0,002 < 0,05); (3) terdapat interaksi pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan kemampuan awal terhadap pelacakan materi Biologi di luar kelas (P < α atau 0,042 < 0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi, Kemampuan Awal, Pelacakan Materi Biologi di Luar Kelas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jun 2012 05:52
Last Modified: 06 Jun 2012 11:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19049

Actions (login required)

View Item View Item