Pengelolaan Pembelajaran IPA Fisika di SMP Negeri 1 Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) Kota Magelang

Rukmi, Ambarsari Puspita (2012) Pengelolaan Pembelajaran IPA Fisika di SMP Negeri 1 Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) Kota Magelang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (395kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (81kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik pengelolaan perencanaan pembelajaran fisika di SMP N 1 Magelang (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik pengelolaan pelaksanaan pembelajaran fisika di SMP N 1 Magelang (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik pengelolaan evaluasi pembelajaran fisika di SMP N 1 Magelang Penelitian dilakukan di SMP N 1 Kota Magelang. Teknik penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dengan desain etnografi. Nara sumber penelitian ini adalah kepala sekolah, guru fisika, dan para siswa. Untuk menyajikan data menggunakan Analysis Interactive model dari Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Perencanaan pembelajaran IPA Fisika dilakukan dengan mengacu hasil MGMP IPA Fisika Kota Magelang, Perencanaan pengajaran mempunyai peranan yang penting dalam memandu guru untuk melaksanakan tugas sebagai pendidik dalam melayani kebutuhan belajar siswanya. Pengelolaan perencanaan pembelajaran fisika di SMP N 1 Magelang dilakukan dalam bentuk penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran dan telah dilaksanakan sebelum semester baru dimulai (2) Pelaksanaan pembelajaran fisika di SMPN 1 Kota Magelang telah dilakukan secara bilingual yaitu menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia serta menggunakan media yang bervariasi salah satunya komputer, menggunakan metode dan strategi yang berbeda-beda untuk setiap materi yang diberikan yang mengarah pada student center dengan memperhatikan perbedaan tiap individu siswa (3) Evaluasi pembelajaran fisika di SMP N 1 Magelang dilakukan untuk mengetahui kualitas siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan guru, dilakukan dalam bentuk ulangan harian, ujian tengah semester, dan ujian semester.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan pembelajaran, perencanaan, strategi, evaluasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jun 2012 10:15
Last Modified: 05 Jun 2012 10:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19043

Actions (login required)

View Item View Item