Pengelolaan Supervisi Pembelajaran (Studi Situs TK Pertiwi 1 Tambaksari Blora)

Sulistyowati, Tri Marheni (2011) Pengelolaan Supervisi Pembelajaran (Studi Situs TK Pertiwi 1 Tambaksari Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1_cover_lengkap.pdf

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik proses supervisi pembelajaran, karakteristik interaksi antara supervisor dengan guru dalam supervisi pembelajaran dan karakteristik penyampaian hasil evaluasi supervisi pembelajaran di TK Pertiwi 1 Tambaksari, Blora. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Desain penelitian ini adalah etnografi pendidikan Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi 1 Tambaksari, Blora. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 1) wawancara mendalam, 2) observasi, 3) dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yang merupakan kesatuan proses, yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil dari penelitian adalah 1) kepala sekolah melakukan supervisi secara langsung dengan mengunjungi kelompok belajar, baik di dalam kelas maupun di luar kelas, menentukan batasan yang jelas dan tegas yang dilakukan oleh guru, membimbing guru dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengevaluasi kinerjanya 2) kepala sekolah melakukan supervisi secara individual maupun kelompok mengevaluasi aktivitas pembelajaran, dan terlibat dalam aktivitas pembelajaran, 3) kepala sekolah menganalisis hasil supervisi, menetapkan hasil supervisi dan standard perbaikan dan guru melaksanakan hasil supervisi dan memperbaiki pengelolaan pembelajaran. Saran dalam penelitian ini adalah 1) kepala sekolah agar mempunyai perencanaan yang matang dalam melakukan supervisi, melaksanakan supervisi individual dan kelompok secara seimbang, dan mengevaluasi hasil supervisi secara seimbang dan kritis, 2) guru agar mempunyai sikap yang positif dan kooperatif dalam kegiatan supervisi serta aktif sehingga dapat menjelaskan dan mengembangkan aktivitas pembelajaran, 3) pengawas sekolah agar aktif dalam memberikan bimbingan dan pengarahan kepada kepala sekolah maupun guru, 4) Dinas Pendidikan agar menyelenggarakan program pengembangan kompetensi guru secara periodik dan berkelanjutan, 5) peneliti lanjutan agar mengembangkan hasil penelitian secara bervariasi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, supervisi, pembelajaran, kepala sekolah, guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 Jun 2012 08:55
Last Modified: 05 Jun 2012 08:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19039

Actions (login required)

View Item View Item