Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Students Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Kelas XI

Widiyati, Wiwik (2012) Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Students Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Kelas XI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat intervensi untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI dengan menggunakan metode Pembelajaran Kooperatif STAD. Hipotesis yang diajukan adalah penggunaan metode pembelajaran kooperatif STAD akan meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI. Siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode Pembelajaran Kooperatif STAD akan memiliki prestasi belajar matematika yang lebih tinggi dari pada yang memakai pembelajaran metode konvensional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive yaitu siswa dengan nilai matematika mid semester di bawah 65, kelas XI IPS dengan rata-rata mid semester terendah dan bersekolah di madrasah aliyah terakreditasi A. Kelompok eksperimen sebanyak 32 siswa MA Al Islam Jamsaren dan kelompok kontrol sebanyak 27 siswa MAN I Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (kuasi) yamg menggunakan rancangan penelitian The Untreated Control Group Design With Dependent Pretest and Postest Samples (Shadish, Cook and Campbell, 2002). Metode Pembelajaran Kooperatif STAD sebagai variabel bebas dan prestasi belajar matematika sebagai variabel tergantung. Tingkat prestasi belajar matematika siswa diukur dengan menggunakan tes prestasi belajar matematika yang disusun oleh penulis yang diadaptasi dari buku Tuntas (2010). Data yang terkumpul dianalisis dengan uji t-test. Hasil analisis menunjukan ada perbedaan skor prestasi belajar matematika antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen setelah diberikan pembelajaran matematika menggunakan metode Pembelajaran Kooperatif STAD. (t = 2,151 sig (p) = 0,036 (p<0,05) dengan nilai rerata kelompok kontrol 40,00 dan kelompok eksperimen 49,06. Berdasarkan hasil tersebut diatas, maka hipotesis dalam penelitian ini terbukti dan metode Pembelajaran Kooperatif STAD dapat berpengaruh untuk meningkatkan prestasi belajar matematika kelas XI.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Kooperatif STAD, prestasi belajar matematika, kelas XI.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jun 2012 07:24
Last Modified: 05 Jun 2012 07:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19034

Actions (login required)

View Item View Item