Evaluasi Peningkatan Mutu guru Pendidikan Agama Islam Melalui Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Bentuk Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada SMA Negeri Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

Winarno, Winarno (2011) Evaluasi Peningkatan Mutu guru Pendidikan Agama Islam Melalui Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Bentuk Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada SMA Negeri Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (216kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab III)
5__BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
6__BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)

Abstract

Tenaga kependidikan terutama guru Pendidikan Agama Islam memiliki peranan yang sangat urgen dan merupakan salah satu komponen yang paling strategis dalam peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini difokuskan pada masalah peningkatan mutu guru dan kinerja Musyawarah Guru Mata pelajaran, dengan mencakup masalah : (1) bagaimana perlakuan untuk meningkatkan mutu guru Pendidikan Agama Islam, (2) bagaimana mengembangkan partisipasi stakeholders dalam proses peningkatan mutu guru, (3) Bagaimana menyamakan visi dan persepsi stakeholders untuk mendukung peningkatan mutu guru Pendidikan Agama Islam, (4) bagaimana perlakuan untuk meningkatkan keefektifan kinerja MGMP, (5) bagaimana keefektifan kinerja MGMP berpengaruh kepada pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri di Kabupaten Karanganyar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan ( action research ). Temuan siklus pertama dijadikan acuan untuk refleksi, dan akan dijadikan masukan untuk perbaikan pada siklus selanjutnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain : (1) wawancara mendalam, (2) observasi berperan serta, dan (3) Dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah : (1) kredibilitas, (2) transferabilitas, (3) dependabilitas, dan (4) konfirmabilitas. Penelitian ini menghasilkan temuan, bahwa pelaksanaan peningkatan guru Pendidikan Agama Islam melalui pengembangan profesionalisme guru dalam bentuk kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP )sudah berjalan efektif apabila didukung oleh (1) akses partisipasi dan keterlibatan pro – aktif semua unsur stakeholders terhadap semua aspek peningkatan mutu guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri di Kabupaten Karanganyar, (2) kesamaan visi dan persepsi stakeholders tentang aspek peningkatan mutu guru maupun keefektifan kinerja MGMP, dan (3) mengembangkan partisipasi stakeholders dalam proses peningkatan mutu. Adapun keefektifan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran juga dapat diwujudkan dalam perlakuan yang diberikan pada siklus pertama dan kedua action research ini meliputi : (1) diadakannya forum sosialisasi keefektifan kinerja MGMP, (2) rapat evaluasi, dan (3) mencari kucuran dana bantuan operasional pembinaan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: mutu guru, pengembangan profesional, dan MGMP
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 Jun 2012 06:02
Last Modified: 05 Jun 2012 06:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19023

Actions (login required)

View Item View Item