Model Pelatihan Fun Fauna Games Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Dalam Menyelesaikan Konflik Interpersonal Di Kalangan Pelajar

Hamdan, Suprapti (2012) Model Pelatihan Fun Fauna Games Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Dalam Menyelesaikan Konflik Interpersonal Di Kalangan Pelajar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
DAFTAR_ISI.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (594kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan kekerasan dalam menyelesaikan konflik interpersonal di kalangan pelajar telah lama terjadi. Cara paling umum yang digunakan oleh pihak sekolah untuk menyelesaikan konflik interpersonal para siswanya adalah dengan memberikan sanksi, ancaman, dan sebagainya. Meski demikian, perilaku agresif dalam menyelesaikan konflik interpersonal di kalangan pelajar justru semakin mengkhawatirkan. Penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan bahwa program sekolah guna mencegah terjadinya kekerasan adalah melakukan latihan penyelesaian konflik secara konstruktif atau disebut pelatihan manajemen konflik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan manajemen konflik yang diberi nama pelatihan fun fauna games terhadap perilaku agresif dalam menyelesaikan konflik interpersonal di kalangan pelajar. Hipotesis yang diajukan adalah pelatihan fun fauna games dapat menurunkan perilaku agresif dalam menyelesaikan konflik interpersonal di kalangan pelajar. Hasil analisis uji Wilcoxon untuk pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai Z= -2,807, signifikansi 0,0025; p<0,01. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan fun fauna games sangat efektif untuk menurunkan perilaku agresif dalam menyelesaikan konflik interpersonal di kalangan pelajar.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan manajemen konflik, fun fauna games, Perilaku agresif, Konflik interpersonal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jun 2012 11:47
Last Modified: 04 Jun 2012 11:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19014

Actions (login required)

View Item View Item