Pengelolaan Kompetensi Profesional Gurudi Smp Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo

SRIYONO , SRIYONO (2012) Pengelolaan Kompetensi Profesional Gurudi Smp Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
01._Halaman_Depan.pdf

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab VI)
07._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (87kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan karakteristik perencanaan dalam pengelolaan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo; (2) mendeskripsikan karakteristik pengorganisasian dalam pengelolaan kompetensi profe sional guru di SMP Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo; (3) mendeskripsikan karakteristik pelaksanaan dalam pengelolaan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo; (4) mendeskripsikan karakteristik pengawasan dalam pengelolaan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bercirikan deskriptif dengan penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan staff . Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui pengamatan (observasi), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan situs tunggal . Keabsahan data menggunakan teknik pengamatan secara terus menerus, trianggulasi data, membicarakan dengan orang lain . Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) karakteristik perencanaan dalam pengelolaan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan hasil penelitian diketahui karakter perencanaan kompetensi profesional guru : (a) rapat dengan warga sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, koordinator kurikulum serta para guru ketua rumpun mata pelajaran; (b) masuk dan menjadi bagian dari RPS; (c) didiskusikan dengan seluruh warga sekolah; dan (d) berkaitan dengan visi dan misi sekolah; 2) Karakteristik pengorganisasian dalam pengelolaan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan hasil penelitian diketahui karakter pengorganisasian kompetensi profesional guru : (a) Mengatur jadwal kerja guru; (b) mengatur pembagian tugas kepada staf administrasi; (c) memberikan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan; (d) membuat struktur organisasi baru dengan menunjuk seorang kepala TU; 3) karakteristik pelaksanaan dalam Pengelolaan Kompetensi Profesional Guru di SMP Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan hasil penelitian diketahui karakter pelaksanaan kompetensi profesional guru : (a) memberikan kesempatan kepada guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi; (b) memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti penataran, pendidikan dan pe latihan, TOT, rapat, kegiatan dengan instansi lain; (c) memberikan kesempatan kepada guru untuk meningkatkan kompetensi melalui sertifikasi; 4) karakteristik pengawasan dalam pengelolaan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan hasil penelitian diketahui karakter pelaksanaan kompetensi profesional guru: (a) pengawasan dilakukan dengan memberikan motivasi; (b) pengawasan dilakukan melalui supervisi; (c) pengawasan dilakukan percakapan langsung dengan guru; (d) Pengawasan dilakukan melalui rapat guru; (e) Pengawasan dilakukan pelibatan siswa dalam menilai kiner ja guru.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, kompetensi profesional, tenaga pendidik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2012 10:43
Last Modified: 04 Jun 2012 11:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19009

Actions (login required)

View Item View Item