Pengelolaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis nilai-Nilai Moraldi Madrasah ibtidaiyah al-Islam2 Grobagan Surakarta

HUSIN , AHMAD (2012) Pengelolaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis nilai-Nilai Moraldi Madrasah ibtidaiyah al-Islam2 Grobagan Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Q.pdf

Download (182kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_FOTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan karakteristik perencanaan pembelajaran PKn berbasis nilai-nilai moral di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam 2 Grobagan Surakarta. (2) Mendeskripsikan karakteristik pelaksanaan pembelajaran PKn berbasis nilai-nilai moral di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam 2 Grobagan Surakarta. (3) Mendeskripsikan karakteristik evaluasi pembelajaran berbasis nilainilai moral di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam 2 Grobagan Surakarta. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam 2 Grobagan Surakarta, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan metode wawancara mendalam, metode dokumentasi, dan metode observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis jalinan dengan tiga prosedur yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian adalah (1) Perencanaan pembelajaran PKn berbasis nilai-nilai moral di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam 2 Grobagan Surakarta diawali sejak tahun ajaran baru, perencanaan pembelajaran merupakan pengembangan kurikulum yang telah ditetapkan, yaitu kurikulum yang berbasis pada nilai-nilai moral sesuai dengan ajaran Islam, yang berpedoman pada Syariah Islam. Rencana pelaksanaan pembelajaran PKn dibuat berdasarkan kurikulum dan silabus yang telah tetapkan. Pembuatan susunan RPP dan silabus pembelajaran PKn dibuat oleh guru secara sistematis dan mengacu pada kurikulum nasional, lingkungan sekolah, perkembangan dunia internasional, serta dengan tetap berpedoman pada Al-Qur’an dan Al-Hadits. (2) Pada kegiatan awal guru PKn mempertimbangkan aspek-aspek yang berkaitan dengan perumusan tujuan pelajaran, pemilihan metode, pemilihan pengalaman-pengalaman belajar, pemilihan bahan pengajaran, peralatan, dan fasilitas belajar, mepertimbangkan karakteristik siswa, mepertimbangkan cara memulai pelajaran, pengembangan konsep, menutup pelajaran, mempertimbangkan peran siswa, dan mempertimbangkan prinsip-prinsip belajar. Kegiatan inti berlangsung interaksi guru dengan siswa, dalam kegiatan pengajaran, guru mempertimbangkan berbagai aspek antara lain pengelolaan dan pengendalian kelas, penyampaian informasi, keterampilan, konsep, ketrampilan bertanya, demonstrasi, penggunaan model, gerak guru, mencari umpan balik, mendiagnosa kesulitan siswa dan mengevaluasi. (3) Evaluasi pembelajran PKn merupakan proses menentukan nilai belajar dan perilaku siswa melalui kegiatan penilaian dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran PKn, melalui tes tertulis berupa ulangan harian, ulangan mid semester dan semester. Dalam satu semester guru memberikan ulangan harian minimal sebanyak 2 kali, dalam sebulan, soal dibuat dalam bentuk essei.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2012 10:34
Last Modified: 10 Sep 2012 10:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19006

Actions (login required)

View Item View Item