Widuri, Retno Wilis Tri (2008) PENGARUH IMPLEMENTASI ACCELERATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410030164.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh implementasi Accelerated Learning terhadap prestasi belajar siswa. (2) Pengaruh kemampuan kognitif siswa terhadap prestasi belajar. (3) Interaksi antara Accelerated Learning dan kemampuan kognitif siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Cemara Dua No.13 Surakarta. Sampelnya diambil dua kelas dari tiga kelas yang ada pada sekolah tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi. Metode Tes terdiri dari dua jenis yaitu tes kemampuan kognitif dan tes prestasi. Teknik analis data menggunakan anava dua jalan. Sebelum data di analisis dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan taraf signifikan 5 % diperoleh hasil: (1) Terdapat pengaruh implementasi Accelerated Learning terhadap prestasi belajar siswa, Fhitung= 4,564 > Ftabel = 4,171. (2) Terdapat pengaruh kemampuan kognitif siswa terhadap prestasi belajar siswa, Fhitung = 78,706 > Ftabel = 3,316. (3) Tidak terdapat interaksi antara Accelerated Learning dengan kemampuan kognitif siswa terhadap prestasi, Fhitung = 1,095 < Ftabel = 3,316.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Accelerated Learning, Prestasi Belajar, Kemampuan Kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jul 2008 04:39 |
Last Modified: | 31 Jan 2011 06:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/190 |
Actions (login required)
View Item |