Pengembangan Kurikulum SDSN Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Boja

Kadiyono, Kadiyono (2012) Pengembangan Kurikulum SDSN Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Boja. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
ATRIBUT.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
RINGKASAN.pdf

Download (123kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan: (1) prinsip-prinsip dan ciri-ciri pengembangan silabus di SD Muhammadiyah Boja. (2) prinsip-prinsip dan ciriciri pengembangan bahan ajar di SD Muhammadiyah Boja (3) prinsip-prinsip dan ciri-ciri pengembangan RPP di SD Muhammadiyah Boja. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Boja. Data utama diperoleh dari informan seperti kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif dengan teknik Interactive Model of Analysi). Keabsahan data dalam penelitian ini adalah derajat kepercayaan (credibility); keteralihan (transferability); ketergantungan (dependability); kepastian (confirmbility). . Hasil penelitian yaitu: (1) Prinsip-Prinsip dan Ciri-Ciri Pengembangan Silabus di SD Muhammadiyah Boja adalah disusun secara bersama-sama baik untuk mata pelajaran umum maupun khusus serta dalam penyusunan diberikan tujuan pendidikan karakter; (2) Prinsip-Prinsip dan Ciri-Ciri Umum pengembangan Bahan Ajar di SD Muhammadiyah Boja adalah guru belum membuat bahan ajar tetapi memaksimalkan media pembelajaran yang ada baik media audio visual maupun media alam; (3) Prinsip-Prinsip dan Ciri-Ciri Khusus pengembangan RPP di SD Muhammadiyah Boja adalah pada awal dan akhir selalu ada kegiatan keagamaan, tercantumnya tujuan karakter yang diharapkan,serta pada setiap akhir pekan diadakan evaluasi untuk mengetahui kekurangan yang ada dan memberikan langkah-langkah kedepannya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kurikulum, pengembangan silabus, bahan ajar, rencana pelaksanaan pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 31 May 2012 09:49
Last Modified: 31 May 2012 11:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18971

Actions (login required)

View Item View Item