Evaluasi Hasil Pembelajaran Terhadap Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) dari Aspek Intelektual, Soft Skill, dan Spiritual di SMP Negeri 5 Yogyakarta

Wicaksono, Arief (2011) Evaluasi Hasil Pembelajaran Terhadap Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) dari Aspek Intelektual, Soft Skill, dan Spiritual di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Thesis thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan )
TESIS,_Cover-daftar_isi.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I_.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab.II)
Bab_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab.III)
Bab_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab.IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab.V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab.VI)
Bab_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi hasil belajar peserta didik cerdas istimewa, baik dari segi intelektual, soft skill dan aspek spiritual di SMP Negeri 5 Yogyakarta, yang pelaksanaan pembelajarannya dilakukan melalui program percepatan belajar (akselerasi) dari tiga tahun menjadi dua tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung (observasi partisipasi), wawancara mendalam dan penelitian dokumen. Pengamatan langsung dilakukan setiap saat, dimana peneliti hadir sebagai bagian dari SMP Negeri 5 Yogyakarta. Sedangkan wawancara dilakukan dengan beberapa responden yang terkait, seperti koordinator program, guru mata pelajaran, pengampu ekstra kurikuler, alumni maupun siswa program akselerasi. Penelitian dokumen dilakukan dengan melihat hasil evaluasi tertulis yang pernah dilakukan, terutama untuk evaluasi akhir studi atau hasil ujian akhir serta studi lanjut yang dapat dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan peserta didik dalam menempuh studinya. Data pendukung lain berupa dokumentasi (foto-foto) kegiatan out bond, pramuka, ibadah serta kegiatan lain yang terkait dengan pengembangan soft skill maupun spiritual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik cerdas istimewa pada jenjang SMP, khususnya di SMP Negeri 5 Yogyakarta mampu mengikuti program percepatan belajar (akselerasi) dari tiga tahun menjadi dua tahun, dengan memperhatikan syarat-syarat tertentu. Evaluasi hasil pembelajaran terhadap peserta didik cerdas istimewa dengan percepatan waktu belajar menunjukan bahwa (1) dari segi intelektual tidak ada perbedaan yang signifikan dengan hasil pembelajaran peserta didik kelas reguler, (2) dari segi soft skill dapat dikembangkan dengan baik, namun perlu pendampingan yang serius, (3) dari segi spiritual hasilnya cukup baik, meskipun harus dilakukan pemantauan yang rutin

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hasil pembelajaran,akselerasi,peserta didik cerdas istimewa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 30 May 2012 10:29
Last Modified: 30 May 2012 11:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18954

Actions (login required)

View Item View Item