Keikutsertaan dalam Kegiatan MGMP, Supervisi Kunjungan Kelas, In-Service Training dan Kompetensi Profesional Guru SMP Negeri Sub Rayon 04 Jakenan Pati

Hidayati, Sri (2012) Keikutsertaan dalam Kegiatan MGMP, Supervisi Kunjungan Kelas, In-Service Training dan Kompetensi Profesional Guru SMP Negeri Sub Rayon 04 Jakenan Pati. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN_Br.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat (4) tujuan. (1) Untuk menguji pengaruh secara simultan keikutsertaan dalam kegiatan MGMP, supervisi kunjungan kelas, dan in-service training terhadap kompetensi profesional guru. (2) Untuk menguji pengaruh keikutsertaan dalam kegiatan MGMP terhadap kompetensi profesional guru. (3) Untuk menguji pengaruh supervisi kunjungan kelas terhadap kompetensi profesional guru. (4) Untuk menguji pengaruh in-service training terhadap kompetensi profesional guru. Jenis penelitian ini termasuk penelitian korelasi fungsional dan bersifat expost facto. Populasi dalam penelitian ini guru-guru SMP Negeri sub rayon 04 Jakenan Pati yang mengampu mata pelajaran Ujian Nasional (UN) berjumlah 163 orang. Penelitian ini dilakukan dengan tehnik sampling yaitu proporsional stratified random sampling dengan jumlah sampel 114 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tehnik analisis data menggunakan regresi linier ganda. Hasil penelitian (1) Ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan keikutsertaan dalam kegiatan MGMP, supervisi kunjungan kelas, dan in-service training terhadap peningkatan kompetensi profesional guru dengan probabilitas sig sebesar 0,000 < 0,05. Sumbangan yang diberikan sebesar 83,1%. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan keikutsertaan dalam kegiatan MGMP terhadap peningkatan kompetensi profesional guru dengan probabilitas sig sebesar 0,000 < 0,05. Sumbangan efektif yang diberikan sebesar 69,84%. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan supervisi kunjungan kelas terhadap peningkatan kompetensi profesional guru dengan probabilitas sig sebesar 0,026 < 0,05 dan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 3,32%. (4) Ada pengaruh positif dan signifikan inservice training terhadap peningkatan kompetensi profesional guru dengan probabilitas sig sebesar 0,003 < 0,05 dan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 10,33%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), supervisi kunjungan kelas, in-service training, dan kompetensi profesional.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 30 May 2012 07:15
Last Modified: 30 May 2012 12:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18943

Actions (login required)

View Item View Item