Pengelolaan Pembelajaran Akuntansi Berbasis Praktek Studi Situs SMK Sukawati Gemolong, Sragen

Innama, Dwikur (2012) Pengelolaan Pembelajaran Akuntansi Berbasis Praktek Studi Situs SMK Sukawati Gemolong, Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (194kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab VI)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
RINGKASAN_THESIS.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran akuntansi berbasis praktek oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan, terutama dalam proses pembelajaran akuntansi siswa Tingkat XI SMK Sukawati Gemolong, Sragen. Fokus penelitian ini adalah bagaimana karakteristik pengelolaan pembelajaran akuntansi pada siswa tingkat XI SMK Sukawati Gemolong, Sragen. Sub fokus penelitian ini adalah bagaimana karakteristik perencanaan pembelajaran akuntansi, bagaimana karakteristik media pembelajaran akuntansi, dan karakteristik evaluasi pembelajaran akuntansi. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik perencanaan pembelajaran akuntansi, karakteristik media pembelajaran akuntansi, dan karakteristik evaluasi pembelajaran akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi yaitu mendeskripsikan karakteristik pembelajaran, karakteristik media pembelajaran, dan karakteristik evaluasi pembelajaran akuntasi. Sebagai subyek peneliti adalah semua yang terlibat dalam pembelajaran akuntansi klas XI di SMK Sukawati Gemolong tahun pelajaran 2011/2012, baik kepala sekolah, guru maupun siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Guru mengajar telah berpedoman pada rencana pembelajaran namun implementasinya di dalam kelas kurang sesuai. 2) Guru belum maksimal dalam menggunakan media pembelajaran yang tersedia. 3) Guru menyampaikan materi pembelajaran tentang jurnal transakasi perusahaaan dan buku besar menggunakan model kooperatif. 4). Evaluasi pembelajaran dilaksanakan setiap hari yaitu pada awal, saat pelaksanaan pembelajaran (di tengah), dan pada akhir kegiatan. Evaluasi berbentuk tes tulis, tes sikap, hasil kerja kelompok dan lainnya. Bentuk dan contoh evaluasi yang digunakan bervariasi tergantung materi yang sedang dipelajari

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran akuntansi,dan berbasis praktek.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 May 2012 06:59
Last Modified: 30 May 2012 13:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18941

Actions (login required)

View Item View Item