Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Dengan Strategi Jigsaw-Lesson Study Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Pacitan

Winarno, Edi (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Dengan Strategi Jigsaw-Lesson Study Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_TESIS.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Tesis_Bab_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
Tesis_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab III)
Tesis_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
Tesis_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab V)
Tesis_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil pembelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Pacitan tahun ajaran 2011/2012 melalui penerapan strategi pembelajaran jigsaw-lesson study. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan strategi jigsaw-lesson study yang dilakukan dalam dua siklus. Pada penelitian tindakan ini penulis melibatkan diri dan mengevaluasi diri dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil pembelajaran IPA dapat diketahui dalam proses pembelajaran mata pelajaran IPA yang sedang berlangsung. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan pedoman observasi, yaitu suatu pedoman yang dipergunakan untuk mendapatkan data selama observasi dilaksanakan. Selain itu tindakan dilakukan melalui pembelajaran dan diakhiri dengan tes pada setiap akhir siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran IPA meningkat. Ini dapat dilihat dari peningkatan persentase keberhasilan tindakan pada siklus I sebesar 62,59% meningkat sebesar 7,41% setelah siklus II, yaitu menjadi 80,00% dan berdasarkan taraf keberhasilan termasuk katagori sangat baik. Selain itu persentase ketuntasan belajar juga meningkat pada saat sebelum tindakan sebesar 38,89%, setelah siklus I sebesar 72,22% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 100%. Untuk rata-rata nilai hasil belajar juga meningkat, pada saat sebelum tindakan sebesar 71,00, setelah siklus I sebesar 72,31 dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 76,31. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi jigsaw-lesson study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas VIII-A-A SMP Negeri 3 Pacitan tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Jigsaw, Lesson Study
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 May 2012 06:47
Last Modified: 29 May 2012 06:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18902

Actions (login required)

View Item View Item