MEMINIMALKAN KESALAHAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PERKALIAN BENTUK ALJABAR MELALUI PENGGUNAAN MODEL UBIN ALJABAR (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammdiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008)

Susilowati, Rosiana (2008) MEMINIMALKAN KESALAHAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PERKALIAN BENTUK ALJABAR MELALUI PENGGUNAAN MODEL UBIN ALJABAR (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammdiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030181.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalkan kesalahan operasi hitung penjumlahan dan perkalian bentuk aljabar melalui penggunakan model ubin aljabar. Subyek penelitian ini adalah peneliti sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah dan guru matematika SMP Muhammadiyah 8 Surakarta sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 30 siswa sebagai subyek penelitian yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta sesudah penelitian mengalami penurunan kesalahan operasi hitung bentuk aljabar, yaitu: Siswa yang melakukan kesalahan operasi hitung penjumlahan bentuk aljabar sebelum penelitian 80%, sedangkan pada putaran III mengalami penurunan sebesar 40%. Siswa yang melakukan kesalahan operasi hitung perkalian bentuk aljabar sebelum penelitian 93,3%, pada putaran III menurun menjadi 63,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model ubin aljabar dalam pembelajaran matematika dapat meminimalkan kesalahan siswa terhadap matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410-023
Uncontrolled Keywords: Meminimalkan, Kesalahan, Matematika, Ubin_Aljabar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2008 04:32
Last Modified: 17 Nov 2010 13:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item