Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Motivasi Kerja Pada TK ABA 7 Blora UPTD TK/SD Kecamatan Blora Kabupaten Blora

Sutini, Sutini (2012) Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Motivasi Kerja Pada TK ABA 7 Blora UPTD TK/SD Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (224kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganilisis karakteristik kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Motivasi Kerja pada TK ABA 7 UPTD TK/SD Kecamatan Blora, sedangkan tujuan khusus untuk mengidentifikasi dan menganilisis : (a) Karakteristik Aktivitas Kerja Kepala Sekolah dengan guru pada TK ABA 7 UPTD TK/SD Kecamatan Blora. (b) Karakteristik Penataan lingkungan sekolah pada TK ABA 7 UPTD TK/SD Kecamatan Blora. (c) Hubungan kepala TK ABA 7dengan kepala UPTD TK/SD Kecamatan Blora Motivasi diri merupakan panggilan jiwa, kesiapan mental yang tulus, afeksi nuraniah, aktualisasi potensi alami dan rangsangan internal yang muncul dalam diri untuk mengemban tugas pokok dan fungsi. Untuk dapat menumbuhkan motivasi kerja yang bagus dibutuhkan kepemimpinan yang inovatif, aktif, kreatif, untuk memberdayakan sumber daya manusia yang ada dalam organisasi yang dipimpinnya, guna mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Etnografi. Lokasi penelitian di Taman Kanakkanak (TK) ABA 7 Blora, Fokus penelitian ini adalah Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Motivasi Kerja pada TK ABA 7 UPTD TK/SD Kecamatan Blora, dengan sub fokusnya adalah: (a) Karakteristik Aktivitas Kerja Kepala Sekolah dengan guru. (b) Karakteristik Penataan lingkungan sekolah dan (c) Hubungan kepala TK ABA 7 dengan kepala UPTD TK/SD Kecamatan Blora. Nara sumber dalam penelitian ini adalah Kepala TK ABA 7 Blora, dan dua orang guru TK ABA 7 Blora. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model analisa data tidak tertata, satu situs dan deskripsi, sedangkan untuk keabsahan data digunakan triangulasi. Hasil penelitian (1) Karakteristik Aktivitas Kerja Kepala Sekolah dengan guru meliputi: (a) komunikasi kepala sekolah dan guru lancar (b) komunikasi antar guru tidak ada hambatan (c) komunikasi antara sekolah dengan komite sekolah, masyarakat sekitar dan pengurus ‘Aisyiah Ranting Karangjati lancar (d) Kepala sekolah melibatkan guru secara aktif dalam penyusunan visi, misi sekolah dan program tahunan (e) Ada penghargaan terhadap kinerja guru (f) guru dan kepala sekolah kurang puas terhadap hasil kerja yang telah dilakukan (h) kepala sekolah telah berusaha untuk meningkatkan motivasi kerja (i) disiplin kerja dan motivasi kerja guru dan kepala sekolah baik (j) penagawasan dilakukan kepala sekolah secara langsung (k) pengembangan SDM telah dilakukan (2) Karakteristik Penataan lingkungan sekolah, meliputi : (a) penataan lingkungan fisik lingkungan cukup nyaman (b) penataan ruang kelas cukup baik (c) sarana/prasarana dan alat peraga lengkap, (c) buku referensi guru kurang (d) buku pegangan untuk anak cukup (3) Hubungan kepala TK ABA 7dengan kepala UPTD TK/SD Kecamatan Blora. Meliputi (a) pembinaan oleh kepala UPTD TK/SD yang dilakukan setiap bulan dan (b) pembinaan langsung/supervisi dilakukan oleh pengawas TK.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: Rak Q100/2012-07
Uncontrolled Keywords: Guru, Kepala Sekolah, Kepempimpinan, Komunikasi, Lingkungan sekolah, Motivasi, Taman Kanak-Kanak (TK).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 May 2012 05:32
Last Modified: 31 Jul 2012 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18894

Actions (login required)

View Item View Item