Pengelolaan Pembelajaran Tartil Qur’an, Hafidzul Qur’an Dan Qiroatul Qur’an Di SMP Nawa Kartika Nambangan Kabupaten Wonogiri

Sumardi, Sumardi (2012) Pengelolaan Pembelajaran Tartil Qur’an, Hafidzul Qur’an Dan Qiroatul Qur’an Di SMP Nawa Kartika Nambangan Kabupaten Wonogiri. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Sampul.pdf

Download (449kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) karakteristik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Tartil Qur’an, Hafidzul Qur’an, dan Qiroatul Qur’an; 2) karakteristik pengembangan materi pembelajaran Tartil Qur’an, Hafidzul Qur’an, dan Qiroatul Qur’an; dan 3) karakteristik faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengelolaan pembelajaran materi pembelajaran Tartil Qur’an, Hafidzul Qur’an, dan Qiroatul Qur’an di SMP Nawa Kartika Nambangan Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian berdasarkan pendekatannya yaitu kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah etnografi. Objek penelitian berupa pembelajaran dalam kurikulum berbasis keunggulan lokal di SMP Nawa Kartika Nambangan Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, mendalam, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif yang mencakup tiga komponen utama, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi data, pemeriksaan anggota dan pemeriksaan informan kunci. Berdasarkan hasil analisis, penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Karakteristik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Tartil Qur’an, Hafidzul Qur’an, dan Qiroatul Qur’an di SMP Nawa Kartika Nambangan Kabupaten Wonogiri adalah sebagai berikut : a) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan pada setiap hari Selasa pagi; b) Metode yang digunakan adalah metode Tilawati dan Iqra; c) Pembelajaran diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah dan diperdalam lagi melalui sistem pesantren; 2) Pengembangan materi pembelajaran Tartil Qur’an, Hafidzul Qur’an, dan Qiroatul Qur’an di SMP Nawa Kartika Nambangan Kabupaten Wonogiri menggunakan materi dari buku metode Iqra dan metode Tilawati yang digunakan sesuai pilihan para ustadz maupun ustadzah yang mengajar; Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan sistem CBSA (Cara Belajar Santri Aktif); mengemas/memasukkan masalah tajwid dan makharajul huruf kedalam satu bidang studi yaitu Tajwid, yang juga telah diformat kedalam kurikulum sekolah dan 3) Karakteristik faktor pendukung dalam pengelolaan pembelajaran Tartil Qur’an, Hafidzul Qur’an, dan Qiroatul Qur’an di SMP Nawa Kartika Nambangan Kabupaten Wonogiri faktor sumber daya manusia, sistem pembelajaran, serta sarana dan prasarana pembelajaran yang mendukung. Faktor yang menjadi penghambat meliputi beragamnya asal sekolah siswa yang berdampak pada bervariasinya kemampuan siswa dalam membaca dan menulis al qur’an. Guna mengatasi hal ini dilakukan pengklasifikasian siswa ke dalam tiga kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan pembelajaran, Tartil Qur’an, Hafidzul Qur’an, dan Qiroatul Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 May 2012 05:14
Last Modified: 29 May 2012 05:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18893

Actions (login required)

View Item View Item