Pemberdayaan Sekolah Dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan (Studi Situs Smk Negeri 3 Pati)

SUHARTO, SUHARTO (2012) Pemberdayaan Sekolah Dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan (Studi Situs Smk Negeri 3 Pati). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_-__DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Karakteristik administrasi sekolah dalam mencapai standar nasional pendidikan; (2) Karakteristik hubungan kerja kepala sekolah dalam mencapai standar nasional pendidikan; dan (3) Karakteristik pengembangan fasilitas sekolah dalam mencapai standar nasional pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Narasumber dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang berkompeten dan relevan dalam memberikan informasi tentang pemberdayaan sekolah dalam pencapaian standar nasional pendidikan di SMK Negeri 3 Pati, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Wawancara dan observasi digunakan untuk memperoleh data yang valid dan reliabel, sedangkan studi dokumen digunakan sebagai pelengkap data maupun sebagai alat pengujian validitas. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data tertata dalam situs. Hasil penelitian menunjukkan: (1) karakteristik administrasi sekolah dalam pencapaian standar nasional pendidikan cukup baik dengan adanya visi, misi, motto dan tujuan sekolah, dokumen kurikulum, administrasi pembelajaran, administrasi ketenagaan, adminitrasi keuangan, administrasi sarana prasarana dan implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008; (2) karakteristik hubungan kerja kepala sekolah dalam pencapaian standar nasional cukup baik dalam kondisinya sebagai kepala sekolah yang baru mampu menjalin komunikasi dan membangun keharmonisan hubungan kepala sekolah dengan warga sekolah, kemauan kepala sekolah dalam meminta saran dan pendapat dari berbagai pihak yang terkait untuk digunakan dalam pertimbangan penentuan kebijakan dan pengambilan keputusan, pola kepemimpinan yang digunakan adalah demokratis serta keterbukaannya dalam pengelolaan sistem manajemen; dan (3) karakteristik pengembangan fasilitas sekolah dalam pencapaian standar nasional cukup baik dengan adanya sarana prasarana pendidikan yang memadai secara kuantitatif maupun kualitatif, kondisi lingkungan dan fasilitas bangunan yang memadai, adanya program perawatan dan pengembangan sarana prasarana secara berkelanjutan, adanya sumber dana yang cukup untuk pengembangan sarana prasarana dari berbagai pihak serta letak sekolah yang cukup strategis untuk menunjang pengembangan sekolah di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan sekolah, SMK, standar nasional pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 May 2012 11:23
Last Modified: 28 May 2012 11:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18889

Actions (login required)

View Item View Item