Kinerja Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan MPMBS (Studi Kasus Pada SMP Negeri 1 Wonogiri Periode Kepemimpinan Tahun 2009 - 2010)

Purwanti, Purwanti (2012) Kinerja Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan MPMBS (Studi Kasus Pada SMP Negeri 1 Wonogiri Periode Kepemimpinan Tahun 2009 - 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Depan_Lengkap.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Bba I)
Bab_1.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DARTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
CATATAN_LAPANGAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Purwanto_Naskah_Publikasi.pdf

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) kinerja Kepala Sekolah SMP Negeri I Wonogiri dalam meningkatkan mutu pembelajaran; 2) upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran; dan 3) pola Kepala Sekolah SMP Negeri I Wonogiri dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan berorientasi pada kualitatif-deskriptif (Qualitative Descriptive Design) dengan pendekatan tunggal terpancang yang terarah pada kasus tunggal yaitu kinerja Kepala Sekolah SMP Negeri I Wonogiri. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri I Wonogiri. Objek penelitian adalah kinerja Kepala Sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMP Negeri I Wonogiri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang didasarkan pada tiga komponen utama, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi data, pemeriksaan anggota dan pemeriksaan informan kunci. Berdasarkan hasil analisis, penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Kinerja Kepala Sekolah SMP Negeri I Wonogiri dalam meningkatkan mutu pembelajaran dilakukan melalui berbagai kebijakan yang mendukung terciptanya pembelajaran berkualitas. Hal ini dilakukan untuk mencapai visi sekolah sebagai sekolah bertaraf internasional; 2) Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilakukan dengan meningkatkan profesionalisme guru. Cara-cara tersebut antara lain melalui pemberian motivasi, peningkatan kompetensi melalui pelatihan, dan pemberian insentif, serta melalui pemberian sanksi bagi guru yang kurang disiplin, serta melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran yang masih kurang; dan 3) Pola Kepala SMP Negeri I Wonogiri dalam meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan melakukan analisis terhadap faktor penghambat dan pendukung dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Faktor penghambat dan pendukung tersebut berupa faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa faktor yang berasal dari diri guru itu sendiri, sedangkan faktor eksternal berupa faktor yang berasal dari luar diri guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, kepala sekolah, mutu pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 May 2012 10:36
Last Modified: 28 May 2012 12:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18883

Actions (login required)

View Item View Item