Kontribusi Kepemimpinan, Motivasi dan Supervisi terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Se-Gugus Sultan Agung UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Pucakwangi Pati

Kastowo, Kastowo (2012) Kontribusi Kepemimpinan, Motivasi dan Supervisi terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Se-Gugus Sultan Agung UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Pucakwangi Pati. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (183kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab1.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab V)
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya kontribusi secara bersama-sama kepemimpinan, motivasi dan supervisi terhadap kinerja guru, kontribusi kepemimpinan terhadap kinerja guru, kontribusi motivasi terhadap kinerja guru dan kontribusi supervisi terhadap kinerja guru SD di Negeri se Gugus Sultan Agung UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Pucakwangi. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan tersebut digunakan untuk menganalisis besarnya kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri Se Gugus Sultan Agung UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Pucakwangi tahun 2011 sebanyak 112 orang guru. Sampel ditentukan sebanyak 85 orang guru. Pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode SPSS 16. Hasil dari penelitian, pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa kontribusi kepemimpinan, motivasi dan supervisi terhadap kinerja guru adalah signifikan (0,007). Perhitungan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,222 atau dengan kata lain variasi variabel dependen (kinerja guru) 22,2% dapat dijelaskan oleh variabel independen ( kepemimpinan, motivasi dan supervisi). Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa kepemimpinan mempunyai kontribusi signifikan positif (0,046) terhadap kinerja guru, motivasi mempunyai kontribusi signifikan positif (0,029) terhadap kinerja guru dan supervisi mempunyai kontribusi yang signifikan positif (0,008) terhadap kinerja guru.Variabel yang paling berkontribusi adalah (1). motivasi dengan sumbangan efektif sebesar 8,61%; (2). supervisi dengan sumbangan efektif sebesar 6,91%; (3). kepemimpinan dengan sumbangan efektif 6,73%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, motivasi, supervisi, kinerja.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 May 2012 09:33
Last Modified: 28 May 2012 13:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18873

Actions (login required)

View Item View Item