Pengelolaan Beyond Center And Circle Time (BCCT) Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Kelompok Bermain LPI Hidayatullah Banyumanik Semarang

Supangkat, Budi (2012) Pengelolaan Beyond Center And Circle Time (BCCT) Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Kelompok Bermain LPI Hidayatullah Banyumanik Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
atribut_Budi_S.pdf

Download (202kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Budi_S.pdf

Download (255kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan persiapan BCCT dalam pembelajaran anak usia dini di Kelompok Bermain LPI Hidayatullah Banyumanik Semarang. (2) Untuk mendeskripsikan proses BCCT dalam pembelajaran anak usia dini di Kelompok Bermain LPI Hidayatullah Banyumanik Semarang. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi BCCT dalam pembelajaran anak usia dini di Kelompok Bermain LPI Hidayatullah Banyumanik Semarang. Jenis Penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Bermain LPI Hidayatullah Banyumanik Semarang. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) Pengumpulan Data, (2) reduksi data, (3) display data, dan (4) penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini : (1). Persiapan BCCT dalam pembelajaran anak usia dini di Kelompok Bermain LPI Hidayatullah Banyumanik Semarang dilakukan dengan memperhatikan 5 aspek, yaitu : persiapan tenaga pendidik dilakukan melalui pelatihan dan studi banding, persiapan tempat dengan membentuk lingkaran, persiapan alat peraga edukatif, persiapan administrasi dengan penyusunan RKT, RKM, RKH, dan RKP, serta pemberian informasi dan kerja sama dengan orang tua siswa. (2) Proses BCCT dalam pembelajaran anak usia dini berjalan lancar. Sebelum kegiatan pembelajaran guru menyambut anak dengan meminta orang tua anak untuk tidak andil dalam kegiatan pembelajaran. Ada empat pijakan dalam proses BCCT yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main (circle time), pijakan saat main, dan pijakan setelah main (recalling). (3) Evaluasi BCCT dalam pembelajaran anak usia dini dilakukan setiap hari untuk masing-masing anak. Bentuk penilaiannya adalah lisan, tertulis, serta praktik. Aspek yang dinilai adalah perkembangan kegiatan anak dan kompetensi anak. Penskorannya menggunakan pemberian predikat melampaui target (MT), berkembang normal (BN), perlu perlu ditingkatkan (PD) atau sangat perlu di perhatikan (#).

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, bcct, perencanaan, proses, evaluasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 May 2012 05:38
Last Modified: 28 May 2012 15:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18852

Actions (login required)

View Item View Item