Pengelolaan Program Induksi Guru Pemula Di SDN Banyuroto Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang

SUSANTI, SUSANTI (2012) Pengelolaan Program Induksi Guru Pemula Di SDN Banyuroto Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
Atribut_Susanti.pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ada tiga tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program induksi guru pemula SDN Banyuroto Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. (2) Untuk mendeskripsikan interaksi pembimbing dan guru pemula dalam program induksi guru pemula di SDN Banyuroto Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang.(3) Untuk mendeskripsikan laporan hasil program induksi guru pemula di SDN Banyuroto Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, guru pembimbing, dan guru pemula. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis data tertata dalam situs. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Program induksi guru pemula di SDN Banyuroto dilakukan dengan terencana. Rencana yang dilakukan meliputi kegiatan pelatihan pelaksanaan program induksi, melakukan analisis kebutuhan, penunjukkan guru pembimbing, menyediakan buku pedoman serta jadwal kegatan yang disusun dibagi menjadi dua tahap yaitu pada bulan pertama hingga bulan ke sembilan kegiatan. (2) Pembimbing dan guru pemula sangat interaktif dalam program induksi di SDN Bayuroto. Pembimbing dan guru pemula melakukan team teaching di dalam kelas, serta memperkenalkan lingkungan sekolah kepada guru pemula. Guru pembimbing dan guru pemula melakukan aktivitas seperti pemberian materi, melakukan kegiatan konsultasi, pengisian lembar refklesi dan juga lembar observasi. Guru pembimbing memberikan tugas tambahan berupa penyusunan dan pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler. (3) Penyusnan laporan hasil program induksi guru pemula di SDN Banyuroto dilakukan oleh kepala sekolah sebanyak dua kali sesuai dengan tahap penilaian program induksi. Hasil penilaian berisi kompetensi guru melalui pengisian checklis dan komentar yang konstruktif. Tindak lnjut dari hasil laporan program induksi adalah bagi guru yang kompeten menerima Surat Keterangan Berhasil dan direkomendasikan untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan. Sedangkan untuk guru tidak kompeten akan memperoleh Surat Keterangan Tidak Berhasil, dan disarankan untuk mengikuti perpanjangan program induksi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: induksi, perencanaan, interaksi, laporan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 25 May 2012 11:41
Last Modified: 25 May 2012 11:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18845

Actions (login required)

View Item View Item