Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dan Pemahaman Terhadap Peran Komite Sekolah Dengan Kinerja Komite Sekolah Di Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten

Karyati, Dyah (2012) Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dan Pemahaman Terhadap Peran Komite Sekolah Dengan Kinerja Komite Sekolah Di Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra Pustaka)
dapus.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)

Abstract

Keberadaan dan peran Komite Sekolah dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan sekolah di Klaten Utara masih mengalami banyak kendala, baik dari segi status, kinerja, peran, kualitas SDM, maupun sarana dan prasarana yang dimiliki. Selain itu partisipasi masyarakat selama ini lebih banyak bersifat dukungan dana, tidak pada proses pendidikan seperti pengambilan keputusan, monitoring, evaluasi, dan akuntabilitas. Atas dasar tersebut maka penulis ingin meneliti secara lebih mendalam mengenai kinerja komite sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan pemahaman terhadap peran komite sekolah dengan kinerja komite sekolah di Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten. Subjek penelitian ini adalah anggota komite sekolah di Kecamatan Klaten Utara yang berjumlah 134 orang yang diambil dengan mengundi dari 22 sekolah yang ada dan dipilih 11 sekolah . atau disebut dengan random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kinerja dan skala pemahaman terhadap kinerja komite sekolah. Berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh nilai r = 0,382; p=0,000; (p<0,01); artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara pemahaman peran komite dengan kinerja komite. Sumbangan pemahaman peran komite terhadap kinerja komite sebesar = 14,6%. Hasil analisis varians satu jalur diperoleh nilai F =12,579; p=0,000 (p<0,01); artinya ada perbedaan yang sangat signifikan kinerja anggota komite sekolah ditinjau dari tingkat pendidikan yang terdiri dari tingkat pendidikan SMA, D2,D3, S1 dan S2. Subjek dengan tingkat pendidikan S2 memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan tingkat pendidikan SMA, D2, D3, dan S1. Adapun kesimpulan penelitian ini menyatakan: Ada hubungan positif sangat signifikan antara pemahama n terhadap peran komite sekolah dengan kinerja anggota komite sekolah. Ada Perbedaan kinerja komite sekolah ditinjau dari tingkat pendidikan anggota komite sekolah. Subjek dengan tingkat pendidikan S2 memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan tingkat pendidikan SMA, D2, D3, dan S1. Pemahaman terhadap peran komite sekolah pada anggota komite sekolah tergolong sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan, pemahaman peran komite, kinerja komite
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 May 2012 09:44
Last Modified: 25 May 2012 13:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18826

Actions (login required)

View Item View Item