Evaluasi Penggunaan Antibiotika pada Pasien Demam Tifoid Rawat Inap di RSUD Dr. R.Goeteng Taroenadibrata Purbalingga Tahun 2010 Menggunakan Metode ATC/DDD

Genendhitasari , Gardenia Agnu (2012) Evaluasi Penggunaan Antibiotika pada Pasien Demam Tifoid Rawat Inap di RSUD Dr. R.Goeteng Taroenadibrata Purbalingga Tahun 2010 Menggunakan Metode ATC/DDD. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (623kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (238kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (139kB)

Abstract

Untuk mencegah kejadian resistensi antibiotik diperlukan perencanaan dalam penggunaan antibiotik dan pengontrolan kejadian resistensi. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi pengunaan antibiotik untuk mengetahui distribusi penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis antibiotik dan perbandingan kuantitas penggunaan antibiotik pada pasien demam tifoid rawat inap di RSUD R. Goeteng Tarunadibrata Purbalingga menggunakan metode ATC/DDD. Metode penelitian bersifat deskriptif, dengan menggunakan metode ATC/DDD yaitu metode pengklasifikasian obat berdasar Anatomical Therapeutic Chemical yang kemudian dihitung menggunakan metode DDD (dosis pemeliharaan rata-rata perhari yang digunakan untuk indikasi utama orang dewasa). Populasi adalah pasien yang didiagnosis demam tifoid dengan jumlah pasien terbanyak pada bulan September dan November tahun 2010. Hasil penelitian menunjukkan DDD/100 pasien-hari paling besar pada bulan September dan November tidak mengalami perubahan yaitu thiampenikol sebesar 16,39 DDD/100 pasien-hari dan 17,99 DDD/100 pasien-hari. Sedangkan DDD/pasien-hari paling rendah pada bulan September dan November mengalami perubahan. Pada bulan September adalah sefadroksil sebesar 0,31 DDD/100 pasien-hari dan bulan November, yaitu ampisilin sebesar 0,41 DDD/100 pasien-hari.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak K100/2012-25
Uncontrolled Keywords: Antibiotik, Demam Tifoid, ATC/DDD, RSUD R. Goeteng Tarunadibrata Purbalingga
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 24 May 2012 09:07
Last Modified: 11 Jul 2012 11:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18801

Actions (login required)

View Item View Item