UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PBL (PROBLEM BASED LERNING)

Listiana, Ernik (2008) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PBL (PROBLEM BASED LERNING). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bahwa melalui model pembelajaran dengan PBL (Problem Based Learning/Pembelajaran Berbasis Masalah) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, 2) untuk mengetahui keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar yang berdampak pada hasil belajar siswa, 3) untuk mengetahui rencana pembelajaran dan penilaian hasil belajar yang dilakukan guru secara berkala dan berkesinambungan sesuai dengan model pembelajaran PBL. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VIID SMP Negeri 02 Sukolilo Pati sejumlah 36 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tugas kelompok, dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara diskriptif kualitatif melalui metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan, kemudian proses analisis data dikembangkan secara diskriptif dengan mencari daya serap siswa secara kelompok maupun individu melalui latihan soal pada tiap putaran. Hasil penelitian dari soal menyimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa, yaitu: 1) keaktifan kelompok dalam memecahkan masalah dan menjawab pertanyaan dari guru pada putaran I 57,14 % (4 kelompok), putaran II 71,42% (5 kelompok), putaran III 85,71%(6 kelompok), 2) mempresentasikan jawaban soal didepan kelas oleh ketua kelompoknya pada putaran I 85,71% (6 kelompok), putaran II 100% (7 kelompok), putaran III 100% (7 kelompok), 3) kelompok mengemukakan pendapat dan mengajukan pertanyan balik dari kelompok lain pada putaran I 42,85% (3 kelompok), putaran II 71,42% (5 kelompok), putaran III 85,71% (6 kelompok), 4) hasil belajar siswa pada putaran I 55,56% (20 siswa), putaran II 69,44% (25 siswa), putaran III 83,33% (30 siswa). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan model pembelajaran menggunakan PBL dapat meningkan hasil belajar siswa secara perlahan-lahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran, PBL (Problem Based Learning/Pembelajaran Berbasis Masalah).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2008 04:26
Last Modified: 24 Oct 2011 05:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item