Perbedaan Tingkat Pengetahuan Tentang Obat Sebelum Dan Sesudah Pemberian Leafletpada Ibu-Ibu Pkk Desa Pondowan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati

YUNISA , DYAH EKA (2012) Perbedaan Tingkat Pengetahuan Tentang Obat Sebelum Dan Sesudah Pemberian Leafletpada Ibu-Ibu Pkk Desa Pondowan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)

Abstract

Obat berperan sangat penting dalam pelayanan kesehatan. Berbagai pilihan obat saat ini tersedia, sehingga diperlukan pertimbangan-pertimbangan yang cermat dalam memilih obat untuk suatu penyakit. Pengetahuan masyarakat tentang obat secara umum belum memadai, oleh karena itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang obat pada masyarakat. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan adalah dengan penyuluhan kesehatan. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah leaflet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang obat dan menganalisis perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian leafletyang dilakukan terhadap ibu-ibu PKK Desa Pondowan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah pre experimentaldengan one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian dengan jumlah 50 responden, pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen dalam penelitian dengan menggunakan leafletdan kuesioner. Data skor pengetahuan responden dianalisis dengan menggunakan uji t berpasangan pada taraf signifikansi 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu-ibu PKK Desa Pondowan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati sebelum pemberian leaflet berpengetahuan sedang dengan nilai rata-rata 68,64 ± 9,23 dan sesudah pemberian leaflet terjadi peningkatan pengetahuan yang bermakna yaitu berpengetahuan tinggi dengan nilai rata-rata 75,68 ± 9,93. Dapat disimpulkan bahwa pemberian informasi dengan media leafletberpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan pengetahuan tentang obat pada ibu-ibu PKK Desa Pondowan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak K100/2012-11
Uncontrolled Keywords: Obat, Leaflet, Pengetahuan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 23 May 2012 11:31
Last Modified: 13 Jul 2012 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18783

Actions (login required)

View Item View Item