Pengaruh Ekstrak Etanol Jamur Lingzhi (Ganoderma Lucidum)Terhadap Kadar Hdl (High Density Lipoprotein)Pada Tikus Dislipidemia

Furi, Pritalia Ratra (2012) Pengaruh Ekstrak Etanol Jamur Lingzhi (Ganoderma Lucidum)Terhadap Kadar Hdl (High Density Lipoprotein)Pada Tikus Dislipidemia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
COVER-INTISARI.pdf

Download (591kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustakan)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)

Abstract

Dislipidemia merupakan penyakit yang banyak terjadi saat ini. Salah satu penegak diagnosis dislipidemia adalah terjadinya penurunan kadar HDL dalam darah. Kadar HDL yang rendah dihubungkan dengan peningkatan resiko penyakit kardiovaskuler. Salah satu obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati dislipidemia adalah jamur lingzhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh ekstrak etanol jamur lingzhi (Ganoderma lucidum) terhadap kadar HDL pada tikus dislipidemia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental (pretest-postest control group design) dengan rancangan acak lengkap pola searah. Terdapat 4 kelompok perlakuan masing-masing kelompok terdiri dari 5 ekor tikus yaitu kelompok kontrol normal, kontrol negatif, dosis 1 (200 mg/kgBB), dan dosis 2 (400 mg/kgBB). Kelompok kontrol normal diberi pakan standar sedangkan kontrol negatif, dosis 1 dan dosis 2 diberi diet tinggi lemak selama 2 minggu, kemudian diukur kadar HDL (pretest). Selanjutnya, kelompok kontrol normal dan negatif tetap diberi pakan standar dan diet tinggi lemak sedangkan kelompok dosis 1 dan dosis 2 diberi diet tinggi lemak beserta ekstrak etanol jamur jamur lingzhi selama 2 minggu, kemudian diukur kadar HDL (postest). Data dianalisis dengan uji Anava taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol jamur lingzhi (Ganoderma lucidum) dosis 200mg/kgBB dan 400mg/kgBB tidak berefek signifikan (p>0,05) dalam meningkatkan kadar HDL pada tikus dislipidemia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak K100/2012-09
Uncontrolled Keywords: Dislipidemia, kadar HDL, ekstrak etanol jamur Lingzhi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 23 May 2012 09:23
Last Modified: 13 Jul 2012 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18770

Actions (login required)

View Item View Item